√ Denda Shopee Pinjam 2022 : Jatuh Tempo, Perhitungan & Sanksi

Denda Shopee Pinjam – Shopee Pinjam merupakan salah satu layanan pinjam uang di Shopee yang tentunya sangat memudahkan pengguna Shopee terpilih dalam mengajukan pinjaman uang untuk berbagai keperluan. SPinjam juga menjadi produk layanan pinjaman tunai di Shopee yang disediakan oleh PT Lentera Dana Nusantara. Jadi untuk keamanan data pribadi sangatlah terjamin karena sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Seperti sudah disampaikan bahwasanya layanan ini hanya untuk pengguna terpilih, kalian tidak usah khawatir jika belum mendapatkannya, karena ada beberapa cara yang bisa kalian ikuti untuk mendapatkan layanan ini.

Dimana kalian hanya perlu selalu menggunakan Shopee untuk berbelanja dan usahakan juga metode pembayaran yang dipilih yaitu ShopeePay. Membahas terkait Shopee Pinjam, sebenarnya ada beberapa poin penting yang harus kalian pahami disini, mulai dari limit Shopee Pinjam, aktivasi, permasalahan dan juga informasi terkait denda Shopee Pinjam. Nah denda Shopee Pinjam menjadi salah satu poin penting untuk kalian ketahui agar nantinya bisa mempertimbangkan apakah mengajukan pinjaman uang tunai di Shopee Pinjam rekomendasi atau tidak. Selain itu dengan mengetahui denda, tentunya kalian akan lebih berhati-hati dalam penggunaannya.

Terkadang setiap pengguna kerap kali mengesampingkan informasi ini, karena dirasa mereka berpikir jika Shopee Pinjam membebani denda sedikit. Sehingga mereka berpikir jika telat bayar 1 atau 2 hari bukan suatu masalah. Namun perlu diketahui juga jika kalian telat bayar, selain mendapatkan denda, limit Shopee Pinjam tidak bisa digunakan juga akan menjadi hal yang mungkin. Maka dari itu kalian bisa terus simak pembahasan kali ini sampai akhir agar mengetahui informasi lengkap terkait denda Shopee Pinjam dan bagaimana cara menghitung denda yang didapat ketika telat bayar 1 bulan ataupun hanya 1 hari. Yang pasti untuk perhitungan ini sangat wajib kalian ketahui.

Untuk alur pembahasannya, disini kami akan menjelaskan lebih dulu terkait kapan jatuh tempo Shopee Pinjam. Ya, pembahasan mengenai jatuh tempo Shopee Pinjam memang sudah kami sampaikan di pertemuan sebelumnya. Namun untuk lebih jelas alurnya, disini kami akan membahas sedikit garis besarnya agar mudah dipahami oleh kalian semua. Setelah itu kami juga akan membahas besaran pasti denda Shopee Pinjam dan bagaimana cara menghitung denda yang dibebankan kepada pengguna ketika telat bayar tagihan 1 hari atau 1 bulan. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja simak informasi denda Shopee Pinjam berikut ini.

Denda Shopee Pinjam

Kapan Tanggal Jatuh Tempo Shopee Pinjam

Poin pembahasan pertama, kami akan membahas mengenai kapan tanggal jatuh tempo Shopee Pinjam. Untuk menghindari denda telat bayar tagihan Shopee Pinjam, kalian tentu harus melakukan pembayaran paling lambat tanggal 5 di setiap bulannya. Jika telat, maka secara otomatis kalian akan dikenai denda. Denda juga akan menumpul apabila tagihan tidak segera dibayarkan. Disamping mendapatkan denda, pengguna juga bisa mendapatkan sanksi lain berupa pengurangan skor kredit bahkan hingga pemblokiran akun. Pihak Shopee juga memiliki hak penuh untuk melakukan penagihan melalui Debt Collector sampai semua tagihan terbayar.

Citayam

Denda Shopee Pinjam

Berikutnya kita masuk ke pembahasan inti mengenai berapa besaran denda Shopee Pinjam yang dibebankan apabila pengguna telat bayar tagihan. Sebelumnya kita membahas lebih dulu apa yang dimaksud dengan denda pinjaman. Denda merupakan sanksi atau hukuman yang diterapkan dalam bentuk keharusan untuk membayar sejumlah uang, yang mana hal tersebut dikenakan akibat adanya pelanggaran terhadap undang-undang yang berlaku dan norma-norma yang berlaku atau pengingkaran terhadap sebuah perjanjian yang telah disepakati sebelumnya.

Perlu diketahui bahwasanya Shopee akan membebani denda sebesar 5% per bulan dari total tagihan dan tagihan SPinjam akan terakumulasi dengan tagihan di bulan berikutnya. Denda ini dihitung dengan mengacu pada total tagihan. Inilah yang membedakan antara SPinjam dan juga pinjaman online lainnya, yang mana rata-rata akan membebani denda per hari. Melihat hal ini, apabila kalian telat bayar tagihan 1 bulan, mungkin bukanlah seberapa, namun jika telat hingga berbulan-bulan, sudah pasti kalian harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk melunasinya.

Cara Menghitung Denda Shopee Pinjam

Lalu masuk ke pembahasan terakhir terkait denda SPinjam, kami akan menjelaskan bagaimana cara perhitungan denda Shopee Pinjam. Disini kami akan mencontohkan perhitungan denda dengan total pinjaman Rp 6.000.000 dengan tenor 3 bulan. Ketika pengguna mengajukan pinjaman sebesar Rp 6.000.000 dengan tenor 3 bulan, maka per bulan pengguna harus membayar tagihan sebesar Rp 2.000.000 dan ditambah bunga sebesar Rp 177.000. Seperti diketahui bahwa bunga Shopee Pinjam adalah 2,95% dari total pinjaman.

Jika ditotal, maka setiap bulan pengguna harus membayar tagihan sebesar Rp 2.177.000. Ketika pembayaran melebihi jatuh tempo, maka denda yang dibebankan adalah sebesar 5% dari total tagihan per bulan, yakni Rp 2.177.000 x 5% = Rp 108.850. Lalu denda tersebut akan ditambahkan dengan total tagihan menjadi Rp 2.177.000 + Rp. 108.850 = Rp. 2.285.850. Semakin lama tunggakan tagihan tidak dibayarkan, maka semakin besar pula denda yang akan dibebankan oleh Shopee Pinjam. Maka dari itu usahakan untuk terus membayar tagihan tepat waktu agar terhindar dari denda dan juga sanksi berat lainnya.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai denda SPinjam. Disini bisa disimpulkan bahwa denda SPinjam ini sebesar 5% dari total tagihan. Perhitungan denda juga bukan per hari, namun per bulan. Untuk mengetahui informasi jelasnya, diatas juga kami sudah memberikan simulasi perhitungan denda SPinjam yang akan dibebankan ketika pengguna telat melakukan pembayaran tagihan SPinjam tersebut.

Nah itulah beberapa informasi terlengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai denda Shopee Pinjam. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa paylaterin.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Bagikan

Tinggalkan komentar