Apa Itu Shopee Pinjam ? Jenis, Review, Kelebihan & Kekurangan

Apa Itu Shopee Pinjam – Memasuki zaman serba digital di era modern seperti saat ini, banyak sekali hal baru yang bisa kita dapatkan untuk melengkapi aktivitas harian. Salah satunya terkait masalah keuangan atau finansial. Bila dulu kita hanya dapat melakukan berbagai macam transaksi keuangan melalui lembaga-lembaga keuangan seperti bank maupun koperasi.

Namun dengan adanya peningkatan teknologi yang serba canggih, saat ini semua hal kita butuhkan untuk urusan finansial dapat dilakukan melalui smartphone mulai dari transfer bahkan melakukan pinjaman online atau sering disebut dengan Pinjol. Bahkan dengan minat masyarakat yang begitu tinggi akan pinjaman uang online untuk modal usaha ataupun kebutuhan lainnya.

Dan salah satu pinjol atau pinjaman online yang akhir-akhir ini mendapatkan perhatian banyak masyarakat adalah Shopee Pinjam atau SPinjam. Ketertarikan masyarakat pada Shopee Pinjam sendiri bukan tanpa alasan, melainkan karena fasilitas pinjaman online ini cukup mudah digunakan serta limit yang dimiliki bisa dicairkan dengan mudah dan cepat.

Nah bicara mengenai ShopeePinjam atau SPinjam. Pada kesempatan ini paylaterin akan membagikan penjelasan lebih detail tentang apa itu Shopee Pinjam mulai dari jenis, review, pengalaman dan kelebihan serta kekurangan ShopeePinjam. Untuk itu buat kalian yang ingin mengenal lebih jauh tentang Shopee Pinjam, berikut penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Shopee Pinjam ?

Apa itu Shopee Pinjam? Shopee pinjam atau SPinjam adalah produk pinjaman tunai yang ditawarkan kepada seluruh pengguna Shopee terpilih dengan fitur pengajuan mudah, bunga rendah serta memiliki sistem pembayaran dengan metode angsuran atau cicilan mulai dari 2,3,6 dan 12 bulan.

Citayam

Itu artinya fitur SPinjam tidak akan bisa dinikmati semua pembeli. Begitu juga dengan para penjual yang tidak semuanya akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan akses pinjaman modal usaha dari Shopee.

Hadirnya program pinjaman tunai yang diberikan oleh Shopee sendiri merupakan bentuk dari hasil kerjasama antara PT Shopee Indonesia dengan PT Lentera Dana Nusantara yang merupakan perusahaan lembaga keuangan pemberi pinjaman utamanya.

Jenis Shopee Pinjam

Setelah mengetahui apa itu Shopee Pinjam seperti kami sampaikan di atas. Perlu untuk kita ketahui, dalam pengembangan fitur atau produk yang satu ini, Shopee juga memberikan setidaknya dua jenis modal pinjaman bagi para pengguna Shopee, yaitu untuk SPinjam Penjual dan SPinjam untuk pembeli.

1. SPinjam Pembeli

Sesuai dengan namanya, program Shopee Pinjam untuk Pembeli dikhususkan bagi para pembeli terpilih. Dimana pembeli terpilih nantinya dapat melakukan pinjaman uang tunai yang dapat ditarik kapanpun dibutuhkan selama limit masih tersedia dengan tenor mulai dari 2, 3, 6*, dan 12* bulan untuk belanja maupun kebutuhan lainnya.

*) merupakan tenor dapat digunakan oleh para pengguna terpilih.

2. SPinjam Penjual / Seller

Tidak jauh berbeda dengan ShopeePinjam untuk pembeli, program SPinjam untuk penjual juga merupakan fasilitas pinjaman tanpa agunan yang bisa ditarik kapanpun selama limit tersedia. Peruntukan pinjaman ini lebih dikhususkan untuk modal usaha dan pengembangan toko online penjual di Shopee, tenor diberikan hanya 3 dan 6 bulan.

Review Shopee Pinjam

Dari penjelasan apa itu Shopee Pinjam seperti yang sudah paylaterin sampaikan dan jelaskan di atas. Setidaknya dengan adanya fitur atau program ini memberikan kesempatan bagi para pengguna untuk bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman uang tunai kapanpun dan dimanapun mereka butuhkan.

Bahkan dari review para pengguna yang telah menjadikan ShopeePinjam sebagai pinjaman online terbaik mereka. Banyak mengatakan bahwa pengajuan begitu cepat. Selain itu proses pencairan pun cukup mudah selama limit dimiliki masih ada. Karena cukup menentukan nominal dengan minimal Rp 200 ribu dan masukkan PIN.

Jika pengajuan pencairan dilakukan di jam kerja antara Senin – Jumat, biasanya uang akan langsung masuk ke rekening hanya dalam waktu kurang dari 1 menit. Namun jika dilakukan pada hari & jam weekend atau Sabtu – Minggu, biasanya dana pinjaman akan masuk di hari Senin. Jadi jika memang membutuhkan sebaiknya gunakan di jam & hari kerja.

Perbedaan Shopee Pinjam Penjual & Pembeli

Meski di tawarkan sebagai pinjaman yang sama-sama dapat penjual maupun pembeli gunakan. Akan tetapi ada beberapa perbedaan mendasar terkait pemakaian limit yang dimiliki. Oleh sebab itu, dibawah ini akan kami bagikan beberapa daftar perbedaan antara Shopee Pinjam Pembeli dan Penjual untuk bisa kalian pelajari.

DetailSPinjam PembeliSPinjam Penjual
Tenor Pinajman2,3,6,9 & 12 bulan3 & 6 bulan
Suku Bunga2,45% per bulan1,2-1,5% per bulan

Itulah beberapa perbedaan mendasar antara SPinjam Pembeli dan Penjual. Secara garis besar selain fitur yang kami sebutkan di atas akan tetap sama, beberapa di antaranya meliputi:

  • Limit maksimal Rp 15.000.000
  • Minimal penarikan Rp 200.000
  • Biaya administrasi 2% – 3%
  • Denda keterlambatan pembayaran sebesar Rp 5%
  • Jatuh tempo pembayaran setiap tanggal 5 per bulannya

Dari sini bisa kita lihat bahwa baik itu pinjaman untuk pembeli maupun penjual sama-sama akan dikenai denda yang bisa dibilang sama persis yaitu sebesar 5%. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang denda Shopee Pinjam dari perhitungan serta sanksi. Silahkan kalian baca artikel paylaterin sebelumnya.

Kelebihan & Kekurangan Shopee Pinjam

Lanjut ke pembahasan yang berikutnya, setelah kita memahami apa itu SPinjam atau Shopee Pinjam dan juga jenis serta perbedaan antara SPinjam penjual dan pembeli. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan program SPinjam yang mungkin perlu untuk kalian pahami.

Kelebihan

  • Limit maksimal diberikan tergolong besar.
  • Proses aktivasi dan verifikasi pengajuan bisa dibilang cukup cepat.
  • Saat pengajuan berhasil dan disetujui, limit pinjaman bisa langsung digunakan.
  • Pencairan dapat langsung di arahkan ke rekening pribadi.
  • Suku bunga bersaing.

Kekurangan

  • Tidak semua pengguna baik pembeli maupun penjual dapat memiliki program ini.
  • Denda keterlambatan pembayaran cukup besar.

Kesimpulan

Itulah kiranya beberapa penjelasan lengkap tentang apa itu Shopee Pinjam yang kali ini dapat paylaterin.com sampaikan serta jelaskan. Semoga apa yang sudah kami rangkum serta sampaikan di atas bisa menjadi referensi menarik sekaligus bisa menjadi gambaran apakah kalian akan menggunakan program ini atau tidak jika memang sudah menjadi pengguna terpilih.

Bagikan

Tinggalkan komentar