√ Kenapa Limit SPinjam Minus? Penyebab & Cara Mengatasi

Kenapa Limit SPinjam Minus – Tak sekedar hanya bisa digunakan untuk mencari dan membeli barang kebutuhan, hobi dan juga lainnya. Kini Shopee sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia juga telah menyematkan berbagai layanan baru, salah satu yang cukup menarik adalah layanan SPinjam / Shopee Pinjam.

Merupakan produk pinjaman tunai, setiap pengguna terpilih bisa dengan mudah mengajukan pinjaman uang tunai yang nantinya langsung di kirim ke rekening pribadi. Namun dalam hal ini, Shopee tetap memberikan batas besaran pinjaman dengan memberikan limit tertentu pada setiap pengguna.

Besaran limit yang diberikan pun tidak sama antar setiap pengguna. Namun yang jelas dengan hadirnya layanan SPinjam, kita sebagai pengguna dapat melakukan pinjaman dengan periode cicilan mulai dari 3 – 12 bulan dengan suku bunga SPinjam yang bisa dibilang cukup ringan.

Namun bila kita bicara tentang layanan SPinjam milik Shopee, meski cukup memudahkan sebagian besar orang. Namun akhir-akhir ini tidak sedikit para pengguna yang mengeluhkan bahwa limit SPinjam minus. Jika kalian adalah salah satu pengguna yang mengalaminya, berikut paylaterin.com jelaskan penyebab dan solusinya.

Pentingnya Limit SPinjam Bagi Pengguna

Sebelum kita membahas tentang penyebab dan juga penjelasan bagaimana cara mengatasi limit Shopee Pinjam Minus. Kita bicara pentingnya limit bagi para pengguna SPinjam itu sendiri.

Citayam

Limit kredit / limit pinjaman yang diberikan Shopee pada layanan SPinjam memang tidak sama rata antar setiap pengguna. Namun bagi mereka memiliki limit pinjaman yang cukup besar tentu merupakan sebuah keuntungan.

Kenapa? hal ini jelas karena dengan adanya limit SPinjam tersebut, kita dapat melakukan pinjaman kapanpun dan dimanapun dengan cukup mudah. Dengan begitu kebutuhan finansial yang mendesak akan dapat segera teratasi.

Ditambah lagi, proses pencairan yang cepat juga menjadi salah satu alasan pentingnya memiliki limit di dalam akun Shopee. Maka dari itu, tak heran jika kondisi tiba-tiba limit SPinjam minus menjadi perhatian yang memunculkan berbagai macam pertanyaan.

Seperti itulah kiranya pentingnya limit SPinjam bagi para pengguna Shopee. Lantas kenaa limit SPinjam bisa berkurang dan apa penyebab serta bagaimana cara mengatasinya? mari simak penjelasan lengkapnya pada ulasan berikut ini.

Penyebab Limit SPinjam Minus

Penyebab Limit Spinjam Minus

Mengalami limit SPinjam minus tentu menjadi hal yang mencemaskan, apalagi ketika di dalam layanan ini kita masih memiliki tagihan atau cicilan yang masih belum dilunasi atau bahkan sama sekali belum digunakan.

Namun bila kita bicara tentang penyebab, kali ini paylaterin.com telah merangkum beberapa penyebab utama yang memungkinkan limit SPinjam minus dari kasus yang pernah teman, saudara alami. Jadi buat kalian yang penasaran berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pernah Telat Bayar Shopee PInjam

Sama halnya dengan layanan pinjaman uang pada umumnya, Shopee Pinjam juga memberi batas pembayaran. Yang dimana dengan adanya batas pembayaran tersebut, setiap pengguna diwajibkan untuk bisa membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo.

Jika tidak, bukan hanya akan mendapatkan denda SPinjam karena telat melakukan pembayaran. Hal ini juga sangat mempengaruhi kondisi limit SPinjam minus. Karena dari beberapa penuturan teman & saudara.

Limit SPinjam minus terjadi karena mereka pernah melakukan pembayaran SPinjam setelah tanggal jatuh tempo. Jadi bisa dipastikan limit minus bisa dikarenakan keterlambatan pembayaran setiap bulannya.

2. Limit SPinjam Jarang Digunakan

Kemudian, minusnya limit Shopee Pinjam yang dimiliki juga bisa terjadi karena para pengguna beruntung yang mendapatkan penawaran pinjaman tunai SPinjam ini jarang sekali menggunakannya.

Meski secara teknis ini bukan salah satu hal yang sering dialami, karena saya sendiri sebagai pengguna terpilih sampai sekarang belum pernah sama sekali menggunakannya. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa limit tersebut bisa saja menjadi minus karena hal tersebut.

3. Ada Kebijakan Penyesuaian Limit dari Pihak Shopee

Kemudian setelah menanyakan langsung kepada pihak Shopee melalui layanan call center dan live chat di aplikasi Shopee tentang limit SPinjam minus. Ternyata limit kredit minus yang terlihat pada aplikasi Shopee pengguna bisa terjadi karena sedang ada kebijakan terkait penyesuaian limit dari pihak Shopee.

Sayangnya kebijakan tersebut justru dianggap aneh oleh sebagian besar pengguna. Pasalnya dengan adanya limit minus, hal ini tentu membuat mereka tak bisa menggunakan layanan SPinjam sama sekali.

Hanya saja, dari penjelasan langsung CS Shopee. Dikatakan bahwa adanya penyesuaian limit sendiri bisa terjadi karena:

  • Meski bisa dibilang cukup aneh, namun nyatanya salah satu hal yang bisa menyebabkan penyesuaian limit SPinjam sendiri karena kita sebagai pengguna terlalu cepat melakukan pembayaran tagihan.
  • Kemudian, limit SPinjam minus yang terjadi karena adanya penyesuaian limit juga bisa terjadi karena mereka sedang melakukan BI Checking terhadap data personal yang kita miliki, terkait pinjaman yang kita lakukan di berbagai platform layanan pinjaman tunai bain online maupun offline.

Cara Mengatasi Limit SPinjam Minus

Meski bagi sebagian besar orang menganggap kebijakan pembayaran terlalu cepat karena dilakukan sebelum tanggal cetak tagihan muncul. Nyatana dari beberapa kasus yang ada hal tersebut memang menjadi salah satu penyebab limit SPinjam minus.

Lantas apa yang seharusnya kita lakukan agar limit SPinjam tidak minus? nah bicara tentang bagaimana cara mengatasi limit SPinjam minus, berikut sudah kami siapkan beberapa hal yang bisa kalian lakukan agar hal tersebut tak lagi terjadi.

  1. Pertama sebisa mungkin kalian sesekali menggunakan layanan tersebut jika tak ingin melihat status limit minus.
  2. Kemudian pastikan lakukan pembayaran secara tertatur dan jangan sampai telat atau pastikan bayar sesuai tanggal jatuh tempo.
  3. Hubungi layanan call center Shopee lewat Live Chat Shopee, namun pastikan kalian menyiapkan screenshot tampilan SPinjam yang hilang / minus tersebut serta menyebutkan nomor HP yang bisa dihubungi. Nantinya pihak Shopee akan segera menghubungi via panggilan telepon untuk memberikan penjelasan lebih lanjut.
  4. Dan yang terakhir pastikan juga mulai sekarang lakukan pembayaran ketika memang sudah mendekati tanggal jatuh tempo / setidaknya setelah cetak tagihan muncul, yang kurang lebih ada pada tanggal 25 setiap bulannya untuk tagihan per tanggal 5.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, jelas bisa kita pastikan limit SPinjam minus bisa saja terjadi pada siapapun penggunannya dan bisa terjadi kapanpun itu. Yang jelas keterikatan antara pembayaran dan penggunaan memang sangat erat di sini.

Jadi pastikan jika memang kalian tidak ingin melihat status limit SPinjam minus, usahakan lakukan beberapa hal yang telah kami sampaikan di atas yah. Dan kiranya cukup sekian penjelasan paylaterin.com kali ini, semoga semua yang sudah kami sampaikan bisa menjadi referensi menarik dan membantu.

Sumber Gambar: admin paylaterin.com

Bagikan

Tinggalkan komentar