√ Denda OVO PayLater Per Hari 2022 : Sanksi, Risiko & Cara Menghitung

Advertisements

Denda OVO PayLater – Hingga kini berbagai platform dompet digital dan aplikasi belanja online sudah menawarkan maupun menyediakan metode pembayaran PayLater. Dengan begitu nantinya Anda bisa membeli barang dan pinjam uang dengan pembayaran di akhir bulan.

Dompet digital yang sudah menawarkan PayLater salah satunya adalah OVO dengan produk PayLater bernama OVO PayLater. Mungkin bagi pengguna OVO yang sudah lama, tidak asing lagi dengan hadirnya metode pembayaran PayLater ini, atau justru sudah menggunakannya.

Meskipun sudah berhasil mendapatkan limit dan mencairkan OVO PayLater, para pengguna OVO perlu memperhatikan ketentuan yang sudah diberlakukan. Salah satunya adalah mengenai pengenaan denda jika pengguna mengalami keterlambatan dalam membayar tagihan.

Advertisements

Lantas berapa besaran denda OVO PayLater? Mengenai hal itu, pada pembahasan kali ini paylaterin.com akan sajikan secara lengkap informasi mengenai denda, sanksi dan cara menghitung denda. Dengan begitu untuk lebih jelasnya bisa simak dan ikuti pembahasan denda di bawah ini sampai akhir.

Batas Akhir Pembayaran Tagihan OVO PayLater

Namun sebelum lanjut ke pembahasan terkait besaran denda terlambat bayar tagihan OVO PayLater, maka Anda perlu mengetahui berapa tanggal batas akhir atau tempo pembayaran yang telah menjadi ketentuan dari pihak OVO. Lantas berapa tanggal batas tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan OVO PayLater?.

Mengenai tagihan OVO PayLater akan muncul pada tanggal 27 setiap bulannya, jika Anda sudah memiliki uang maka sudah bisa lakukan pembayaran saat tagihan muncul. Jika belum memiliki maka tanggal akhir tempo pembayaran OVO PayLater sampai adalah tanggal 1 di bulan berikutnya.

Dengan begitu, setelah ada tagihan muncul di tanggal 27 itu tandanya ada beberapa hari Anda untuk melakukan pembayaran sampai tanggal batas akhir jatuh tempo. Jadi manfaatkan rentan waktu tagihan muncul sampai akhir jatuh tempo guna menghindari denda yang bisa dikenakan.

Dengan mengetahui tagihan muncul dan tanggal akhir di atas, itu tentu sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang kerap lupa akan tanggal pembayaran cicilan. Jadi silakan untuk segera lakukan pembayaran agar terhindar dari masalah denda, sanksi dan risiko lainnya.

Denda OVO PayLater

Mengenai denda keterlambatan pembayaran cicilan maupun tagihan yang dilakukan oleh pengguna, pihak OVO sendiri memberikan besaran denda adalah 0,1% per hari. Tentu saja denda ini masih tergolong ringan dibandingkan dengan besaran denda-denda pada PayLater lain.

Sebagai contoh, besaran denda OVO PayLater akan berbeda dengan denda GoPayLater Cicil, denda Shopee Pinjam maupun denda layanan PayLater-PayLater lain. Namun guna antisipasi dari denda pihak pengguna harus melakukan pembayaran sesuai ketentuan tanggal jatuh tempo.

Cara Menghitung Denda OVO PayLater

Guna lebih jelas atas perhitungan denda yang dijatuhkan oleh pihak OVO, berikut kami juga akan sajikan informasi mengenai bagaimana cara menghitung denda OVO PayLater. Cara menghitung denda ini bisa dilakukan jika Anda para pengguna mengalami keterlambatan pembayaran cicilan.

Sebagai gambaran perhitungan, saat Anda memiliki tagihan sebesar Rp 200.000 dan hanya bisa melakukan pembayaran Rp 150.000. Maka bunga sisa tagihan yang nantinya dikenakan ketika melewati batas jatuh tempo dan ditagih pada tagihan berikutnya.

Dengan begitu, bunga sisa tagihan yaitu sebesar Rp 50.000 tinggal dikalikan dengan besaran denda yang dikeluarkan pihak OVO yaitu 0,1%. Maka perhitungan denda jadi seperti ini Rp 50.000 x 0,1 % = Rp 50.

Sisa Tagihan Belum Dibayar x Denda OVO PayLater

Denda tersebut akan berlaku setiap harinya sampai Anda melunasi, dengan artian jika semakin lama tidak dibayarkan maka denda akan semakin besar pula. Mengenai denda keterlambatan tersebut nantinya akan dijumlahkan pada tagihan berikutnya.

Sanksi Telat Bayar Tagihan OVO PayLater

Tidak hanya datang berupa denda saja saat Anda telah melakukan pembayaran cicilan OVO PayLater, nantinya juga akan mendapatkan sanksi dan risiko lain. Di mana pihak OVO memberlakukan sanksi dan risiko kepada pengguna OVO PayLater yang telat membayar tagihan diantara lainnya seperti:

  • Pihak OVO akan membekukan akun PayLater Anda jika tidak segera melunasi total tagihan.
  • Dengan begitu otomatis tidak dapat bertransaksi dengan OVO PayLater, akan tetapi masih bisa melakukan pembayaran tagihan.
  • Pihak OVO berhak mengambil tindakan hukum lain berdasarkan perjanjian pada fasilitas pinjaman.

Tips Agar Tidak Terkena Denda OVO PayLater

Tidak hanya mengetahui besaran dendam sanksi dan cara menghitung denda saja, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips agar terhindar dari denda. Di antara lain tips terhindar dari denda seperti:

  • Selalu lakukan pengecekan informasi jatuh tempo pembayaran tagihan.
  • Selalu membayar tagihan secara tepat waktu.
  • Memilih tenor angsuran sesuai dengan kemampuan pembayaran per bulannya.
  • Memastikan limit OVO PayLater digunakan untuk membeli sesuatu kebutuhan.
  • Jangan lakukan pembayaran di masa tenggang yaitu tanggal 1 di setiap bulannya.
  • Buat alarm atau pengingat pembayaran tagihan di kalender smartphone.

Kesimpulan

Adanya pembahasan denda di atas, semoga bisa membantu Anda para pengguna OVO PayLater yang belum mengetahui secara detail mengenai denda jika terlambat melakukan pembayaran. Memang secara langsung konsumen merupakan pihak paling bertanggung jawab sepenuhnya.

Namun dengan adanya pembahasan denda OVO PayLater di atas beserta informasi terkait lain seperti tanggal jatuh tempo, sanksi, risiko, cara menghitung denda, beserta tips agar terhindar dari denda terlambat pembayaran tagihan yang dapat paylaterin.com sajikan bisa bermanfaat.

Yang jelas agar terhindar dari masalah denda dan sanksi lain silakan lakukan pembayaran tagihan sesuai ketentuan tanggal jatuh tempo. Mungkin itu saja yang bisa dapat kami sajikan atas pembahasan denda OVO PayLater, semoga bisa berguna bagi semua yang membutuhkan.

Advertisements
Bagikan

Tinggalkan komentar