√ Jatuh Tempo OVO PayLater & Hal Terjadi Saat Telat Bayar 2022

Jatuh Tempo OVO PayLater – Untuk saat ini banyak sekali layanan dompet digital atau aplikasi belanja yang menawarkan produk pembiayaan bayar nanti atau bayar di akhir. Di mana layanan ini di kenal dengan apa itu PayLater.

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak PayLater yang dikenal dan dipercaya akibat sudah terdaftar dan terjamin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Diantara lain PayLater tersebut seperti misalnya Kredivo, Gojek PayLater, OVO PayLater, Akulaku dan banyak lainnya.

Bagi sebagian orang pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu diantara yang sudah disebutkan seperti OVO PayLater. Bahkan bukan tidak mungkin jika Anda sudah pernah melakukan pendaftaran guna mendapatkan limit di OVO PayLater.

Dalam penggunaan limit OVO PayLater, nantinya ada beberapa hal perlu diperhatikan. Seperti misalnya pembayaran tagihan bulanan dan batas akhir kapan harus melakukan pembayaran. Lantas kapan jatuh tempo OVO PayLater ? Lebih jelasnya simak di bawah ini.

Apa Itu Jatuh Tempo ?

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai kapan jatuh tempo pembayaran penagihan OVO PayLater, maka Anda perlu paham apa itu sebenarnya pengertian jatuh tempo. Di mana jatuh tempo adalah batas waktu pembayaran hutang oleh debitur.

Citayam

Secara umum ketentuan ini sudah diatur dan telah di setujui saat debitur melakukan pengajuan di awal. Saat Anda para debitur melewati tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukan, maka nantinya akan dikenakan denda keterlambatan pembayaran.

Di mana denda juga sudah diatur ketentuannya, bahkan tidak hanya denda saja melainkan nantinya pihak perusahaan yaitu pemberi hutang akan memberikan ketentuan atas denda. Secara umum denda diberikan berupa nominal uang berapa persen (%) dari total tagihan.

Jatuh Tempo OVO PayLater

Lantas kapan tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan OVO PayLater? Untuk tagihan pembayaran OVO PayLater nantinya akan muncul pada tanggal 27 setiap bulannya. Sedangkan untuk jatuh tempo pembayaran OVO PayLater akhir adalah tanggal 1 bulan berikutnya.

Pada saat tagihan muncul, Anda para debitur atau pengguna OVO PayLater sudah bisa langsung melakukan pembayaran jika sudah ada uang untuk membayarnya. Namun jika belum ada, maka masih ada beberapa hari sampai tanggal 1 di bulan selanjutnya sebagai batas akhir.

Jika tidak membayar sampai tanggal akhir jatuh tempo, maka nantinya pengguna OVO PayLater akan dikenai sebuah denda dan sanksi sesuai ketentuan yang diberlakukan. Seperti misalnya dikenai denda nominal uang berapa persen (%) dari nominal tagihan yang harus dibayarkan oleh debitur.

Apa Yang Terjadi Jika Tidak Bayar Tagihan OVO PayLater?

Teruntuk Anda para pengguna OVO PayLater baru pastinya banyak bertanya mengenai apa yang terjadi jika sampai tidak bayar tagihan PayLater seperti sudah dijelaskan di atas. Ada beberapa hal yang bisa saja terjadi ketika Anda tidak membayar tagihan sesuai jatuh tempo ditentukan.

1. Denda Uang

Pertama hal terjadi jika Anda tidak bayar tagihan sesuai jatuh tempo, maka akan dikenai sebuah denda uang. Di mana denda OVO PayLater sudah pernah dijelaskan di pembahasan sebelumnya, jika tidak membayar denda OVO PayLater akan dikenai denda 0,1 % per hari dari nominal tagihan.

Nantinya seiring lama terlambat bayar tagihan OVO PayLater maka akan semakin besar denda yang akan dikenai. Dengan begitu mengetahui jatuh tempo atau batas akhir bayar cicilan OVO PayLater merupakan hal yang harus diketahui oleh Anda para debitur atau pengguna OVO PayLater.

2. Kredit Skor & Limit OVO PayLater Menurun

Kedua hal terjadi ketika telat melakukan bayar dan tidak sesuai tanggal jatuh tempo, maka nantinya kredit skor akan menurun maupun berkurang. Hal itu tidak menutup kemungkinan jika pihak OVO nantinya enggan untuk menawarkan produk layanan lain terbarunya kepada Anda.

Bahkan faktor ini juga bisa mempersulit Anda saat melakukan pendaftaran layanan PayLater dan pinjaman online lainnya. Tidak hanya itu, nantinya pihak OVO akan menurunkan limit layanan OVO PayLater yang telah didapat dan untuk menaikkan limit OVO PayLater tersebut kembali cukup sulit.

3. Sanksi & Risiko

Ketiga, hal terjadi jika tidak bayar cicilan OVO PayLater sesuai tanggal batas akhir tempo yaitu debitur akan dikenai denda sanksi dan risiko lain yang bisa saja terjadi. Dan inilah beberapa sanksi dan risiko terjadi saat tidak bayar cicilan sesuai jatuh tempo:

  • Layanan OVO PayLater akan dibekukan oleh pihak OVO jika tidak segera melunasi semua tunggakan.
  • Tidak bisa melakukan transaksi menggunakan OVO PayLater, namun tetap masih bisa lakukan pembayaran tagihan.
  • Dari pihak OVO berhak untuk mengambil tindakan hukum berdasarkan perjanjian pada fasilitas pinjaman.

Jika sudah demikian tentu saja menjadi kerugian tersendiri bagi pengguna OVO PayLater, selain mendapatkan beberapa denda dan sanksi yang sudah disampaikan di atas. Nantinya Anda juga menjadi sulit untuk melakukan pengajuan pinjaman online lain akibat skor kredit yang tidak baik.

Kesimpulan

Dengan begitu, adanya pembahasan mengenai tanggal jatuh tempo bayar cicilan maupun angsuran dan informasi terkait lain seputar OVO Pay Later di atas bisa membantu Anda untuk meminimalisir terjadinya keterlambatan atas pembayaran tagihan yang sudah ditentukan.

Itu artinya Anda sudah memberikan satu langkah untuk meminimalisir dan menghindari denda-denda bisa saja diberikan saat telat bayar tagihan yang tidak sesuai jatuh tempo yang diberlakukan. Kiranya itu saja yang dapat paylaterin.com sajikan untuk Anda mengenai batas akhir tempo pembayaran OVO PayLater, semoga bermanfaat dan selalu ingat tanggal jatuh tempo pembayarannya.

Bagikan

Tinggalkan komentar