Kredivo vs Shopee Paylater

Advertisements

Kredivo vs Shopee Paylater – Bagi pengguna layanan kredit online pasti sudah mengenal Kredivo ataupun Shopee Paylater. Kedua penyedia layanan paylater ini aman digunakan karena sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan sehingga kadang membuat bingung ingin memilih yang mana.

CARA BELI HP PAKAI KREDIVO ataupun Shopee Paylater dapat dimanfaatkan untuk meringankan pengeluaran bualanan kalian. Namun bagaimana dengan bunga, denda ataupun cicilannya? Masing masing menerapkan aturan berbeda yang pastinya wajib untuk kamu ketahui sebelum mendaftar.

Banyak orang mencari perbandingan Kredivo vs Shopee Paylater untuk memilih mana yang lebih ringan. Tawaran limit dengan nominal besar memang menjadi daya tarik banyak orang saat menggunakan paylater. Selain itu sisi biaya juga akan jadi pertimbangan utama, tentunya kamu tidak ingin setelah meminjam ternyata bunganya terlalu besar.

Advertisements

Apabila diperhatikan keduanya menawarkan tenor mulai 1 sampai maksimal 12 bulan namun memiliki perhitungan cicilan berbeda beda. Jadi tak heran apabila ada banyak hal yang memisahkan antara Kredivo vs Shopee Paylater selain memang berasal dari perusahaan berbeda.

Kredivo vs Shopee Paylater

Sebagai pengguna yang cermat kita perlu memahami sistem kerja maupun keuangan dari Kredivo maupun Shoppe Paylater. Agar kalian tidak bingung silahkan simak ulasan mengenai perbedaan Kredivo vs Shopee Paylater yang dirangkum Paylaterin.com dibawah ini.

1. Bunga Kredivo vs Shopee Paylater

Bunga Kredivo Vs Shopee Paylater

Bunga Kredivo untuk transaksi 30 hari dan 3 bulan 0%, sedangkan tenor 6 serta 12 bulan besarannya 2,6% per bulan. Kemudian bunga Shopee Paylater untuk cicilan 1, 3, 6 dan 12 bulan senilai 2,95%. Dapat dilihat apabila bunga Shopee Paylater nominalnya lebih besar dibandingkan Kredivo.

Kredivo Shopee Paylater
– 30hari & 3bulan = 0%
– 6 &12bulan = 2,6% per bulan
1, 3, 6 & 12bulan = 2,95% per bulan

2. Denda Kredivo vs Shopee Paylater

Apabila kalian telat bayar Kredivo dikenakan denda sebesar 4% efektif setelah tanggal jatuh tempo dan ketika melampaui 30hari dikenakan denda 6% per 30 hari. Kemudian untuk Shopee Paylater ketika terjadi keterlambatan pembayaran maka dikenakan denda sebesar 5%.

Untuk pembayaran denda dibawah 30hari maka Kredivo lebih rendah dibanding Shopee Paylater. Namun perlu berhati hati karena jika lewat 30 hari maka denda Kredivo akan naik menjadi 6% sedangkan Shopee Paylater tetap pada 5%. Besarnya tagihan Kredivo vs Shopee Paylater akan bergantung kepada hari keterlambatannya.

3. Tanggal Jatuh Tempo

Tanggal Jatuh Tempo
Advertisements

Tanggal jatuh tempo Kredivo adalah 30 hari setelah transaksi sedangkan Shopee Paylater pada tanggal 5, 11 ataupun 25 tiap bulannya. Bagi pengguna Shopee Paylater memang kadang merasa bingung karena terdapat 3 tanggal jatuh tempo dimana menyesuaikan tanggal transaksinya.

Meskipun begitu kamu tidak perlu kawatir karena semuanya dapat dicek lewat aplikasi sehingga lebih akurat informasinya. Jadi selalu perhatikan tanggal pembelian memakai paylater dan juga periksa riwayat pembayaran secara rutin.

4. Perbedaan Limit Kredit

Banyak yang membandingkan Kredivo vs Shopee Paylater dari sisi limit kredit karena sangat berguna untuk bertransaksi. Kredivo menawarkan 2 limit berbeda, untuk bayar dalam 30hari limit maksimalnya Rp.3.000.000 dan cicilan mencapai Rp.30.000.000. Kemudian Shopee Paylater memberikan maksimal limit diatas Rp.10.000.000.

Nyatanya Kredivo memberikan limit kredit lebih besar apabila diadu vs Shopee Paylater. Jadi ketika kamu akan memprioritaskan bisa belanja dengan limit besar maka Kredivo akan jadi pilihan yang lebih baik.

5. Biaya Layanan

Biaya Layanan Kredivo Vs Shopee Paylater

Kemudian selanjutnya adalah biaya layanan Kredivo vs Shopee Paylater dimana berpengaruh pada saat transaksi awal. Pada Shopee Paylater dikenal sebagai biaya penanganan sedangkan Kredivo layanan, supaya lebih jelas simak prosentasenya pada tabel berikut.

Biaya KredivoBiaya Shopee Paylater
– Tenor 30hari =1% dari total transaksi dengan minimal Rp.1000
– 3bulan = 3% dari nilai transaksi
– 6 & 12bulan = gratis
1% per transaksi

6. Jenis Akun Kredivo vs Shopee Paylater

Shopee Paylater hanya memiliki satu jenis akun saja, berbeda dengan Kredivo dimana ada akun Basic dan Premium. Akun Premium mampu mendapatkan limit maksimal sehingga mudah digunakan membayar berbagai transaksi, sedangkan Basic maksimalnya Rp.600.000.

Memang SPaylater menawarkan kemudahan karena tidak perlu upgrade ataupun melakukan pendaftaran untuk mendapatkan limit dalam jumlah besar. Hal ini bisa jadi pertimbangan ketika kalian akan memilih menggunakan fasilitas paylater.

7. Perbedaan Syarat Pendaftaran

Syarat Kredivo Vs Shopee Paylater

Terdapat perbedaan untuk syarat pendaftaran dari kedua layanan paylater ini. Peraturan persyaratan memang sudah ditentukan dari perusahaan sehingga pengguna wajib mematuhinya. Apabila dilihat secara rinci maka sedikit lebih sulit mendaftar Kredivo mengingat kriterianya lebih banyak.

KredivoShopee Paylater
Warga Negara IndonesiaWarga Negara Indonesia
KTPKTP
Usia 18 – 60 tahun.Minimal 17 tahun
Tinggal di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri.Akun Shopee verifikasi minimal 3 bulan
Warga negara Indonesia dengan usia minimum
Penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.Wajib memperoleh notifikasi untuk aktivasi SPaylater

8. Cicilan Bulanan Kredivo vs Shopee Paylater

Terakhir paling terlihat perbedaan Kredivo vs SPaylater adalah dari perhitungan cicilan per bulan. Misalnya kamu meminjam senilai Rp.900.000 dengan tenor 3 bulan maka secara otomatis dikenana biaya layanan dan juga bunga, contoh perhitungannya sebagai berikut.

ParameterKredivoShopee Paylater
PinjamanRp.900.000 Rp.900.000
Tenor3Bulan 3Bulan
Cicilan PokokRp.900.000 : 3 = Rp.300.000Rp.900.000 : 3 = Rp.300.000
BungaRp.0Rp.900.000 x 2,95%= Rp.26.550
Cicilan PerbulanRp.300.000 Rp.300.000 + Rp.26.550 = Rp.326.550
Biaya PenangananRp.900.000 x 3%= Rp.27.000 Rp.900.000 x 1%= Rp.9000
DendaRp.900.000 x 4%= Rp.36.000Rp.900.000 x 5%= Rp.45.000

FAQ

Kenapa tidak bisa bayar Shopee pakai Kredivo?

Karena adanya peningkatan layanan dan sudah ada Shopee Paylater sebagai penggantinya

Apakah Shopee Pay Later bisa di cicil?

Bisa, terdapat tenor 1 sampai maksimal 12 bulan

Apa bisa Kredivo atau Shopee Paylater kredit HP?

Bisa asalkan limit kredit mencukupi

BIAYA SHOPEE PAYLATER memang sebagian lebih besar dibandingkan Kredivo. Bisa diambil kesimpulan bahwa masing masing memiliki kelebihan dan kelemahan, namun jika kalian ingin cicilan jangka pendek dengan minim biaya maka bisa pilih Kredivo sedangkan apabila ingin mendapatkan limit mudah maka Shopee Paylater pilihannya.

Advertisements

Tinggalkan komentar