Cara Mengamankan Data Kontak dari Pinjaman Online

Advertisements

Cara Mengamankan Data Kontak dari Pinjaman Online – Pinjaman online memang sudah dikenal di Indonesia melalui beberapa aplikasi. Namun kalian jangan salah memilih aplikasi, pastikan sudah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan sehingga lebih aman dan dijamin datanya.

Namun untuk sebagian kasus banyak yang meminjam dari aplikasi ilegal dan tidak terdaftar sehingga merugikan dengan menerima bunga tinggi. Pada aplikasi pinjaman online tidak terdapat informasi dan fiturnya tidak jelas. Misalnya pada CARA MENAIKKAN LIMIT BUKALAPAK PAYLATER dimana pinjaman online ilegal tidak jelas aturannya.

Pastinya cara mengamankan data kontak dari pinjaman online wajib ditempuh supaya kamu tidak mendapatkan teror ataupun tindakan kejahatan lainnya. Jangan tergiur dengan uang cepat cair yang tidak terdaftar di OJK karena kemungkinan besar kontak data kalian akan disebarluaskan untuk tindak penipuan.

Advertisements

Dengan banyaknya kejadian data kontak yang disebar dan dikirimi banyak SMS maupun telepon pasti kamu tidak ingin mengalaminya. Terlebih kadang sampai meneror keluarga ataupun teman yang ada dikontak kalian, oleh karena itu cara menghapus data kontak dari pinjaman online wajib dilakukan secepatnya.

Darimana Pinjaman Online Mendapatkan Data Kontak?

Pada saat pendaftaran aplikasi biasanya kamu selalu diwajibkan untuk mengijinkan akses ke kontak, nomor telepon, membaca sms, kamera, lokasi, mikrofon dan juga penyimpanan. Hal ini yang dijadikan sebagai alat pelacak data kontak di smartphone kita oleh pinjaman online.

Ketika memang aplikasinya tidak terdaftar resmi maka segera cabut semua perizinan supaya data kita bisa aman. Jangan sampai kamu terus mengaktifkan akses ke HP karena nantinya akan merugikan diri sendiri dan juga orang yang terdaftar di kontak kalian.

Cara Mengamankan Data Kontak dari Pinjaman Online

Pada dasarnya cara menghilangkan jejak dari pinjaman online tidaklah begitu sulit, dimulai dari menghapus perijinan sampai penutupan akun. Kamu bisa mencoba cara kabur dari pinjaman online ilegal karena sudah dilindungi hukum karena termasuk lembaga tidak resmi dan terdaftar.

1. Hapus Semua Ijin Aplikasi Pinjaman Online

Silahkan menuju pengaturan kemudian masuk ke aplikasinya dan matikan semua perijinan yang ada meliputi kontak, nomor telepon, SMS, kamera, lokasi, mikrofon dan penyimpanan. Setelah mematikan semua ijin maka aplikasi pinjaman online ilegal tidak bisa mengakses kembali data kontak kalian.

2. Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online

Kamu bisa melakukan penutupan akun dengan melunasi semua tagihan, mematikan perijinan, logout kemudian hapus aplikasinya. Apabila ada nomor call center maka hubungi dan sampaikan untuk menutup akun, setelah itu data dalam sistem pinjaman online akan dihapus.

3. Putuskan Hubungan dengan Akun Sosial Media

Cara berikutnya adalah dengan menghapus koneksi akun sosial media kalian dengan pinjaman online. Kamu wajib melakukan cara ini supaya data kontak disosial media tidak dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu misalnya penipuan.

4. Cara Blokir Aplikasi Pinjaman Online

Kamu bisa melakukan penghapusan aplikasinya dengan uninstall kemudian bersihkan semua cache smartphone. Setelah aplikasinya dihapus maka kemungkinan besar sudah tidak ada celah untuk mengakses data kontak, jangan coba coba menginstall kembali.

5. Cara Mengubah Daftar Kontak dari Pinjaman Online

Termasuk kedalam cara manipulasi data pinjaman online dengan merubah semua nama yang ada dikontak kalian. Lakukan secara bertahap mulai dengan merubah nama keluarga, teman terdekat kemudian sisanya. Kamu juga bisa backup kontak secara online kemudian menghapus semuanya.

6. Ganti Nomor Handphone

Karena pinjaman online menggunakan nomor sebagai alat pelacakan maka kamu tinggal mengganti SIM Card baru. Jika smartphone kamu dual SIM bisa menggunakan nomor baru tambahan dimana dijamin aman karena tidak akan terlacak oleh pinjaman online manapun.

7. Blokir SMS atau Telepon dari Pinjaman Online

Cara terakhir kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Truecaller, GetContact, Whoscall ataupun fitur bawaan untuk memblokir pesan serta telepon dari pinjaman online. Pastinya berapapun pesan ataupun panggilan yang masuk tidak akan berpengaruh karena semua sudah diblokir.

Kesimpulan

Memang pinjaman online menyadap kontak akan merugikan kita sebagai penggunanya, terlebih adanya penyebaran data yang mengakibatkan kerugian. Terlebih metode beberapa pinjaman online memang mengganggu dengan teror ataupun kata kata kasar. Bisa diambil kesimpulan dengan cara mengamankan data kontak dari pinjaman online kamu akan lebih merasa nyaman.

Advertisements

Tinggalkan komentar