Pengajuan Pinjaman Modalku Ditolak? Penyebab & Mengatasi

Pengajuan Pinjaman Modalku Ditolak – Bingung dengan urusan finansial untuk menumbuh kembangkan usaha?. Modalku jelas menjadi salah satu pilihan tepat ketika ingin mendapatkan pinjaman tunai secara cepat, mudah dengan syarat mudah.

Yah, Modalku berperan menjadi salah satu platform yang memungkinkan setiap masyarakat bisa mendapatkan pengalaman menarik ketika sedang membutuhkan dana pinjaman untuk pengembangan UMKM dan / kebutuhan finansial lainnya.

Meski bisa dibilang salah satu pilihan tepat, akan tetapi tidak sedikit dari konsumen yang mengeluhkan sulitnya pengajuan pinjaman Modalku karena terus menerus mengalami ponolakan. Pertanyaannya, apa sih penyebab pengajuan pinjaman Modalku ditolak?.

Bicara tentang hal tersebut, setelah sebelumnya kita membahas apa itu Modalku dan cara pinjam uang di Modalku. Mungkin bagi kalian yang saat ini sedang mengalami kesulitan tentang pengajuan yang ditolak, berikut adalah penjelasan penyebab & solusi tepat untuk bisa dicoba.

Pilihan Pinjaman Modalku

Berdiri dan bergerak menjadi salah satu platform pendanaan digital yang dikhususkan bagai para pelaku UMKM. Sampai saat ini setidaknya ada beberapa layanan / produk unggulan yang bisa digunakan.

Citayam

Dimana setiap produk yang ditawarkan ini memiliki peruntukan, keuntungan, syarat & proses pengajuan yang mungkin sedikit berbeda. Namun bila kita bicara pengajuan pinjaman Modalku ditolak.

Ada kemungkinan faktor penyebabnya tidaklah berbeda jauh antar produk yang dimiliki oleh Modalku. Lantas apa saja sih produk pinjaman Modalku tersebut?

  • Pinjaman Modal Usaha
    Pinjaman pertama yang ditawarkan Modalku adalah Invoice Financing. Pinjaman ini diperuntukkan bagi para pelaku usaha untuk sektor PT/CV yang sudah berjalan minimal 2 tahun dengan limit pinjaman maksimal sebesar Rp 2 miliar rupiah.
  • Pinjaman Tanpa Agunan / KTA (Modal Kawan Kita)
    Pinjaman kedua adalah Pinjaman Tanpa Agunan / KTA dengan limit maksimal Rp250 juta rupiah. Produk ini dihadirkan sebagai fasilitas bagi pelaku UMKM dengan taraf perorangan / perusahaan yang terdaftar di badan hukum baik itu PT / CV.

Penyebab Umum Pinjaman Modalku Ditolak

Dari dua macam pilihan pinjaman yang ditawarkan Modalku tersebut. Setidaknya bisa kita pahami bahwa hampir semua produk diperuntukkan bagi para pelaku UMKM. Namun apa sebenarnya yang membuat / menjadi penyebab pengajuan pinjaman Modalku ditolak?.

Jika kita lihat secara luas, pengajuan yang ditolak tidak lain karena masalah yang mungkin secara umum sama dengan penyebab pengajuan pinjaman Kredit Pintar ditolak. Dimana jika dilihat dari sisi ini setidaknya ada dua hal yang mungkin patut dan perlu kalian perhatikan.

1. Catatan Kredit yang Buruk

Alasan paling umum terjadinya penolakan pengajuan pinjaman yang dilakukan di Modalku adalah kriteria buruk dari calon peminjam. Yang dimana hal ini sangat erat kaitannya dengan catatan kredit yang dimiliki peminjam di platform pinjaman resmi lainnya.

Dengan track record / catatan kredit yang buruk, otomatis akan membuat pemberi pinjaman akan sulit memberi kepercayaan kepada kalian dan membuat pinjaman ditolak. Catatan kredit buruk sendiri bisa karena pembayaran angsuran telat, gagal bayar, atau sama sekali tidak bayar.

2. Persyaratan & Berkas Tidak Lengkap

Selain hal di atas, faktor lain yang menyebabkan pengajuan pinjaman Modalku ditolak bisa terjadi karena berkas persyaratan berupa dokumen yang dilampirkan pada saat proses pengajuan pinjaman tidak lengkap.

Tidak lengkapnya data yang diminta jelas menjadi penilaian pemberi pinjaman untuk siap memberikan kalian pinjaman modal usaha atau tidak. Karena hal ini akan dianggap & dijadikan penilaian sebagai salah satu bentuk kedisiplinan pengguna terhadap S&K yang berlaku.

Penyebab Pinjaman Modal Usaha & KTA Modalku Ditolak

Selain dua penyebab umum di atas, pengajuan pinjaman Modalku ditolak juga bisa terjadi karena alasan tertentu baik itu pada produk pinjaman modal usaha maupun pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Apa saja kiranya penyebab-penyebab tersebut?.

3. Nominal Pengajuan Pinjaman Tidak Sesuai

Untuk kalian yang memilih memanfaatkan produk pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Modalku dan ditolak, satu hal yang pasti akan membuat pengajuan ditolak bisa dilihat dari nominal pengajuan.

Dalam hal in Modalku akan melihat dari formulir pendaftaran terkait penghasilan bulanan, tanggungan dalam satu rumah serta memperhitungkan nominal pinjaman yang diajukan. Jika dari pihak Modalku menganggap itu terlalu over, jelas pengajuan pinjaman pun akan ditolak.

4. Proposal Peminjaman Kredit Tidak Layak

Apabila memilih menggunakan produk Modal Usaha, maka disini kalian akan diminta untuk untuk menyertakan berbagai macam persyaratan. Salah satunya adalah proposal pengajuan pinjaman yang masih kurang layak.

Nah penolakan ini biasanya karena adanya sejumlah proposal yang tidak layak, seperti halnya:

  • Sama sekali tidak menyebutkan pengalaman usaha
  • Tidak menyebutkan jumlah kredit usaha yang sedang berjalan / jumlah yang tidak wajar
  • Lokasi usaha tidak disebutkan secara detail
  • Legalitas usaha yang dimiliki tidak jelas (tidak ada dokumen pendukung)

5. Terdapat Kesalahan Pada Lampiran Dokumen

Proses pengajuan aplikasi pinjaman Modalku yang ditolak biasanya juga disebabkan karena terdapat kesalahan pada lampiran dokumen yang dikirim. Karena biasaya pihak pembeli pinjaman akan selalu meminta berbagai lampiran dokumen seperti

  • Lampiran rencana bisnis
  • Pengembalian pajak bisnis dan pribadi selama tiga hingga lima tahun
  • Laporan rekening bank bisnis
  • Laporan / proyeksi keuangan bisnis
  • Laporan kredit pribadi &/ bisnis

Namun karena disini kalian tidak memberikan kelengkapan data tersebut, membuat pihak Modalku sama sekali tidak memberikan kelayakan pada aplikasi pengajuan pinjaman dengan hasil akhir ditolak.

6. Laporan Arus Kas Tidak Memuaskan

Dan penyebab terakhir yang membuat kalian tidak bisa mendapatkan pinjaman uang tunai dari Modalku adalah terdapatnya laporan arus kas bisnis / usaha yang tidak membuat pihak Modalku merasa puas.

Baik itu karena masalah arus kas yang tidak lancar, nominal yang tidak sebanding atau faktor lainnya. Yang dimana, pihak Modalku akan selalu memperhatikan bagian ini sebagai pertimbangan untuk memberikan pinjaman / tidak.

Solusi & Cara Mengatasi Pinjaman Modalku Ditolak

Itulah kiranya beberapa penyebab yang mungkin bisa menjadi momok bagi kalian yang saat ini sedang mengalami penolakan oleh pihak Modalku. Namun pastinya apapun masalahnya, tentu saja akan ada solusi yang mungkin bisa membantu.

Termasuk solusi untuk mengatasi pengajuan pinjaman Modalku ditolak. Mengenai hal tersebut, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa jadi cara terbaik mengatasi masalah pinjaman yang ditolak.

  • Pastikan sebelum melakukan pengajuan pinjaman siapkan seluruh berkas data / dokumen &/ lampiran yang memang dibutuhkan.
  • Lakukan pengajuan pinjaman sesuai dengan batas kemampuan usaha.
  • Isi formulir aplikasi pengajuan pinjaman dengan lengkap selengkap-lengkapnya.
  • Jika memiliki kredit di platform lain usahakan untuk selalu membayar tepat waktu guna menjaga skor kredit.

Kesimpulan

Dari sini bisa kita pahami bahwa meski Modalku memberikan penawaran yang cukup mudah dan simple dalam proses pengajuan pinjaman. Bukan berarti pinjaman tidak bisa ditolak. Karena pada kenyataannya tidak sedikit pelanggan yang mengeluhkan pengajuan pinjaman Modalku ditolak.

Oleh karena itu, pastikan sekali lagi ketika ingin mengajukan pinjaman KTA / Modal Usaha di Modalku untuk selalu memeriksa semua kelengkapan data serta dokumen lampiran yang akan kalian kirim. Sekian dan semoga penjelasan paylaterin.com di atas bisa membantu.

Sumber Gambar: paylaterin.com

Bagikan

Tinggalkan komentar