Apa Itu Shopee Paylater

Advertisements

Apa Itu Shopee Paylater – Bagi kalian sering menggunakan aplikasi Shopee tentu sudah tidak asing lagi dengan namanya Shopee Paylater bukan ? Yah, fitur paylater saat ini memang menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang. Karena tanpa perlu memiliki kartu kredit sudah bisa membeli barang secara online dengan cara kredit.

Meski nama Shopee Paylater sudah dikenal oleh banyak orang, namun ada saja beberapa orang atau pengguna Shopee belum mengetahui apa itu Shopee Paylater mulai dari fungsi dan cara aktivasi seperti apa. Hal tersebut memang sangat wajar, sebab tidak semua orang bisa mendapatkan fasilitas seperti tersebut karena hanya pengguna terpilih saja.

Karena belum bersifat secara meluas, namun setiap pengguna bisa melakukan beberapa cara mendapatkan Shopee Paylater semisalnya saja sering transaksi di Shopee, lalu melengkapi data diri atau verifikasi data diri. Ketika sudah dianggap memenuhi semua persyaratan nantinya ada notifikasi pada akun kalian untuk melakukan aktivasi Shopee Paylater.

Advertisements

Didalam fitur paylater dari Shopee ada beberapa fitur tersedia baik itu limit, tagihan saya dan masih banyak lagi lainnya. Untuk mengetahui apa saja yang ada didalam Shopee Paylater pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan itu semua, jadi sangat disarankan agar tetap simak terus artikel ini sampai selesai dikarenakan ada banyak pembahasan wajib kalian ketahui.

Apa Itu Shopee Paylater

Apa Itu Shopee Paylater

Sama seperti pembahasan sebelum sebelumnya untuk mengawalinya langsung ke pokok utamanya yaitu apa itu Shopee Paylater serta apa saja fitur yang ada didalamnya.

Shopee Paylater adalah salah satu metode pembayaran resmi dari aplikasi belanja online Shopee dimana setiap pengguna bisa melakukan pembayaran beli sekarang bayar nanti dan pembelian dengan cara cicilan hingga 12 bulan.

Fitur ini hanya bisa digunakan untuk pembelian barang saja, jadi setiap pengguna tidak bisa mencairkan ke rekening bank. Jikapun ingin mendapatkan dana cepat, kalian bisa menggunakan fitur Shopee Pinjam.

Fitur ini merupakan kerja sama antara pihak Shopee dengan PT Commerce Finance dimana sepenuhnya sudah di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan demikian fitur ini sudah dijamin keamanannya.

Saat ini ada dua versi telah tersedia, pertama adalah SPaylater dan kedua Shopee Paylater Lite. Meskipun memiliki nama hampir sama namun keduanya memiliki perbedaan, dimana untuk versi lite hanya diberikan limit sebesar Rp 50.000 dan khusus untuk pengguna baru saja.

Sedangkan versi SPaylater reguler memiliki limit hingga 50 juta rupiah, kemudian tidak ada batasan melakukan checkout selama limit masih tersedia. Hanya saja dikenakan bunga, sedangkan versi lite tidak dikenakan bunga sama sekali.

Fitur Layanan Shopee Paylater

Lalu berlanjut membahas mengenai fitur dari Shopee Paylater, sampai saat ini hanya ada dua fitur tersedia. Jika ingin mengetahui lebih jelasnya, untuk itu sangat disarankan agar simak sebagai berikut.

Beli Sekarang Bayar Nanti

Pertama adalah beli sekarang bayar nanti dimana setiap pengguna bisa membeli barang sekarang dan bayarnya bisa dilakukan bulan depan, jadi kalian bisa membeli kapan saja bayarnya nanti di akhir bulan.

Tentunya ini menjadi solusi paling tepat ketika membutuhkan barang tersebut tetapi dalam kondisi tidak memiliki uang. Kalian bisa manfaatkan saja opsi ini, adapun caranya sangat mudah dilakukan bahkan tidak jauh berbeda dengan metode pembayaran telah tersedia.

Cicilan

Selanjutnya ialah cicilan, jadi setiap pemilik akun bisa membeli barang dengan cara kredit hingga 12 bulan meskipun tidak memiliki sebuah kartu kredit. Namun sebelum bisa menggunakan pastikan terlebih dahulu limit tersedia lebih dari cukup.

Pihak dari Shopee sendiri menyediakan beberapa tenor pinjaman mulai dari 2 bulan, 3 bulan, 5 bulan sampai 12 bulan. Pilihan tersebut akan menyesuaikan berapa besar total tagihan, jadi tidak sepenuhnya semua tenor akan muncul pada saat melakukan pemilihan tenornya.

Bunga Shopee Paylater

Lalu berapa besar bunga yang dikenakan ketika menggunakan Shopee Paylater ? Perihal seperti tersebut, disini akan kami jelaskan kepada kalian semua. Sebab bunga yang dikenakan akan berbeda beda baik itu beli sekarang bayar nanti ataupun cicilan.

Dari informasi didapatkan pihak dari Shopee mengenakan bunga sebesar 2.95% baik itu pembelian beli sekarang bayar nanti atau cicilan hingga 12 bulan. Selain dikenakan bunga seperti tersebut, setiap kali transaksi menggunakan Shopee Paylater akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1% per transaksi.

Sedangkan untuk denda yang dikenakan, sesuai ketentuan berlaku setiap kali telat membayar tagihan kena denda sebesar 5% dari total tagihan. Untuk itu kami sarankan agar selalu tepat membayar tagihan setiap bulannya.

Syarat & Cara Aktifkan Shopee Paylater

Sampai disini pastinya kalian semua penasaran bukan bagaimana cara menikmati metode pembayaran dari Shopee itu bukan ? Sesuai telah kami sampaikan, ada beberapa persyaratan agar bisa menggunakan SPaylater.

Pertama akun wajib berumur 3 bulan lebih dan pastinya akun ShopeePay sudah terverifikasi atau di upgrade ke ShopeePay Plus. Dengan demikian kemungkinan besar mendapatkan pemberitahuan untuk aktivasi semakin besar.

Apabila tak kunjung mendapatkan juga sangat disarankan agar sering sering menggunakan aplikasi Shopee baik itu belanja ataupun kebutuhan lainnya. Dalam artian semakin sering transaksi maka semakin besar peluang untuk mendapatkannya.

Sedangkan cara aktivasi sangat mudah, pertama pastikan telah mendapatkan notifikasi aktivasi Shopee Paylater. Setelah itu klik menu tersebut dan nantinya akan muncul tampilan aktivasi, biasanya terdapat sedikit informasi seperti syarat dan ketentuan, bunga serta limit yang akan diberikan setelah berhasil aktivasi.

Apabila sudah jelas semua tinggal klik aktifkan sekarang, lalu proses berikutnya tinggal upload foto KTP kemudian foto selfie sambil memegang KTP. Langkah berikutnya tinggal ikuti perintah dari sistem dan biasanya memakan proses verifikasi kurang lebih 1×24 jam.

Ketika proses sudah berhasil maka setiap pengguna bisa langsung menggunakan untuk belanja, hanya saja limit diberikan akan menyesuaikan data keuangan dari masing masing pemilik akun. Jadi setiap orang tidak bisa dipastikan diberikan limit yang sama antara pengguna A dan pengguna B.

Kelebihan & Kekurangan Shopee Paylater

Karena semakin banyak fitur paylater saling bermunculan seperti sekarang ini, tentu ada beberapa kelebihan dan kekurangannya masing masing. Sama seperti halnya dengan Shopee Paylater, kira kira apa saja ? Agar lebih jelasnya simak langsung sebagai berikut.

Kelebihan

  • Semua pengguna dapat menikmati fitur SPaylater.
  • Bunga rendah hanya 2.95%.
  • Bisa pakai opsi beli sekarang bayar nanti.
  • Tersedia opsi cicilan dengan tenor hingga 12 bulan.
  • Ada banyak pilihan metode pembayaran tagihan setiap bulannya.
  • Banyak promo promo menarik jika menggunakan SPaylater.
  • Dapat menaikkan limit hingga 50 juta rupiah.

Kekurangan

  • Denda keterlambatan cukup besar yakni 5%.
  • Dikenakan biaya penanganan setiap kali transaksi.
  • Hanya pengguna terpilih dapat menikmatinya.
  • Tidak semua kategori bisa menggunakan metode pembayaran itu.

Kesimpulan

Dari pembahasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa Shopee Paylater memang menguntungkan bagi setiap pengguna, karena bisa belanja dengan cara di cicil hingga 12 bulan. Namun saran kami, sebaiknya tetap melakukan pembayaran cash apabila memang memiliki uang, karena dengan sering menggunakan fitur ini maka setiap bulannya dibebankan tagihan yang besar.

Nah seperti itulah kiranya pembahasan mengenai apa itu Shopee Paylater mulai dari pengertian, fitur, bunga dan lainnya yang bisa paylaterin sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu bagi setiap orang sedang membutuhkannya.

Advertisements

Tinggalkan komentar