5 Tabel KUR BRI 2022 : Syarat, Bunga & Cara Pengajuan

Tabel KUR BRI – Tabel pinjaman KUR BRI menjadi salah satu informasi penting yang dibutuhkan oleh para nasabah bank ketika mereka ingin mengajukan salah satu pinjaman yang dimiliki oleh bank tersebut. Pengajuan pinjaman KUR BRI ini memang membutuhkan beberapa persyaratan yang wajib dilengkapi oleh para pengajuan. Menariknya lagi, BRI tidak memerlukan agunan/jaminan ketika nasabah mengajukan KUR (Kredit Usaha Rakyat).

KUR menjadi salah satu program pemerintah yang disalurkan melalui beberapa bank seperti BRI, Mandiri, BNI dan beberapa bank lain guna memberikan pinjaman modal kepada para pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Bank BRI sendiri menjadi salah satu penyalur KUR dengan dana terbesar yang bisa dijadikan sebagai opsi utama kalian untuk mendapatkan pinjaman dana tunai. Dana tersebut juga sudah pasti bisa digunakan untuk penambahan modal usaha yang dijalani.

Membahas mengenai KUR BRI, di pertemuan kali ini paylaterin.com akan memberikan informasi seputar tabel KUR BRI, syarat pengajuan dan juga prosedur pengajuannya. Penting diketahui juga bahwa KUR BRI memberikan plafon kredit maksimal hingga Rp 50 juta. Pengajuan pinjaman KUR hingga Rp 50 juta tersebut juga tidak memerlukan adanya jaminan/agunan berupa BPKB maupun SHM. Untuk mendapatkan pinjaman maksimal tersebut, nasabah juga harus mengajukannya secara bertahap.

Dalam artian, ketika pengajuan pertama lunas, nantinya limit bisa naik menjadi Rp 25 juta, kemudian setelah pengajuan limit Rp 25 juta lunas, nasabah baru bisa mengajukan kembali dengan limit maksimal Rp 50 juta. Pemberian pinjaman juga menjadi keputusan mutlak pihak BRI dengan melihat track record cicilan nasabah tersebut. Jika lancar maka bukan tidak mungkin nasabah bisa mendapatkan pinjaman maksimal Rp 50 juta. Baiklah lebih jelasnya langsung saja simak pembahasan lengkap mengenai tabel KUR BRI di bawah ini.

Tabel Kur Bri

Jenis Pinjaman KUR BRI

Perlu diketahui bahwasanya KUR BRI sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa dipilih oleh para nasabah. Lebih jelasnya kalian bisa langsung simak penjelasan masing-masing jenis KUR BRI yang telah kami siapkan di bawah ini.

Citayam

1. KUR Mikro

Pertama ada KUR Mikro. KUR Mikro sendiri memiliki plafon maksimal hingga Rp 50 juta dengan pilihan tenor mulai dari 12 bulan sampai 60 bulan. Nantinya dana pinjaman bisa digunakan untuk keperluan modal usaha maupun investasi. Syarat pengajuannya juga sangatlah mudah dan tidak memerlukan adanya agunan/jaminan.

2. KUR Super Mikro

Berikutnya ada KUR Super Mikro. KUR Super Mikro menjadi salah satu produk pinjaman terbaik yang dihadirkan oleh bank BRI. Pinjaman ini diperuntukkan juga untuk para pelaku UMKM yang membutuhkan modal usaha. Plafon diberikan maksimal hanya Rp 10 juta dengan bunga hanya 6% efektif per tahun. Keuntungan daripada produk ini adalah tidak adanya jaminan, cukup agunan pokok usaha saja.

3. KUR Kecil/Ritel

Ketiga ada KUR Kecil atau Ritel. KUR ini merupakan KUR dengan plafon kredit terbesar, yaitu sampai Rp 500 juta dengan tenor maksimal 4 tahun untuk keperluan modal kerja dan 5 tahu untuk keperluan investasi. Untuk proses pengajuan juga tidak berbeda jauh dengan KUR lainnya, akan tetapi disini kalian diminta untuk melengkapi syarat agunan/jaminan berupa BPKB maupun SHM.

4. KUR TKI

Dan yang terakhir ada KUR TKI. Sesuai dengan namanya, KUR ini disediakan khusus bagi calon tenaga kerja Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri. Plafon maksimal KUR TKI adalah Rp 25 juta dengan tenor angsuran 3 tahun. Produk ini hanya tersedia bagi calon TKI yang ingin bekerja di negara seperti Singapura, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Malaysia, Brunai dan Korea Selatan. Sedangkan persyaratan cukup melengkapi identitas diri dan surat perjanjian penempatan dan pengguna jasa.

Syarat Pengajuan KUR BRI

Berikutnya kita akan membahas mengenai syarat pengajuan KUR BRI. Informasi sebenarnya sudah kami singgung di pertemuan sebelumnya mengenai cara pinjam uang 50 juta di BRI. Perlu diketahui bahwa syarat agunan diperlukan ketika nasabah mengajukan KUR Ritel/Kecil untuk plafon diatas Rp 50 juta. Nah adapun syarat umum yang diperlukan mengajukan KUR diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pemohon KUR BRI adalah individu atau perorangan yang memiliki dan menjalankan usaha produktif sesuai ketentuan
  • Usaha sudah memiliki umur minimal 6 bulan
  • Tidak memiliki objek kredit dari lembaga keuangan lain
  • Memiliki KTP
  • Memiliki Kartu Keluarga
  • Memiliki Surat Ijin Usaha atau keterangan usaha
  • Agunan/Jaminan khusus KUR Ritel/Kecil

Suku Bunga, Biaya & Plafon

Mengenai informasi suku bunga, biaya dan juga plafon juga harus kalian ketahui dengan seksama. Pertama adalah mengenai plafon, seperti sudah kami sampaikan diatas bahwa pinjaman KUR ini bisa diajukan dengan memilih plafon pinjaman mulai dari maksimal Rp 10 juta sampai dengan Rp 500 juta. Semuanya tergantung dari jenis KUR yang dipilih. Lalu perihal suku bunga, semua KUR mematok suku bunga sama, yakni sebesar 6% efektif per tahun. Sedangkan biaya, kalian tidak akan dikenai biaya apapun alias gratis, ini menjadi salah satu keunggulan mengapa KUR banyak diminati oleh kalangan masyarakat, khususnya mereka para pelaku UMKM.

Cara Pengajuan KUR BRI

Melakukan pengajuan KUR BRI ini bisa dilakukan melalui 2 metode, yakni secara offline dengan mendatangi kantor cabang BRI setempat atau bisa juga secara online melalui website resmi KUR BRI. Untuk langkah-langkahnya, kalian bisa simak di bawah ini.

1. Pengajuan KUR BRI Offline

  • Pertama persiapkan persyaratan pengajuan KUR yang sudah ditetapkan
  • Kemudian datang ke kantor cabang BRI terdekat
  • Kalian nanti akan dibantu oleh CS untuk mengisi formulir pengajuan secara lengkap
  • Sampai disini kalian bisa kembali ke rumah dan tunggu petugas survey datang
  • Setelah proses diatas semua selesai, kalian hanya perlu menunggu informasi dari pihak bank apakah kalian layak menerika KUR atau tidak
  • Jika pengajuan disetujui, pihak bank akan menghubungi dan meminta kalian untuk datang ke kantor bank guna melakukan pencairan dan tanda tangan kontrak pinjaman
  • Perlu diketahui bahwa biasanya proses pengajuan akan memakan waktu 3-7 hari kerja

2. Pengajuan KUR BRI Online

  • Pertama kalian bisa buka website kur BRI di kur.bri.co.id
  • Lakukan pendaftaran terlebih dahulu
  • Setelah selesai, kalian bisa langsung pilih Ajukan Pinjaman
  • Baca lebih dulu ketentuan yang muncul, dan pilih Setuju
  • Isi formulir di website dengan lengkap sesuai yang di minta seperti nama lengkap, nik, pekerjaan, alamat lengkap, hingga tanggal lahir. Lalu lengkapi data akun e-commerce kalian
  • Berikutnya upload dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, Foto selfie pribadi, foto usaha, foto surat keterangan usaha dan bila perlu unggahlah NPWP.
  • Pilih nominal pinjaman dan tenor pinjaman yang akan diajukan
  • Selanjutnya kalian akan dihubungi oleh petugas dari BRI
  • Petugas juga akan memberikan brosur tabel angsuran BRI kepada kalian agar bisa melihat skema pinjamannya

Tabel KUR BRI Terlengkap

Untuk bahan pertimbangan sebelum mengajukan KUR, di bawah ini bisa kalian simak lebih dulu informasi tabel KUR BRI terbaru berikut.

1. Tabel KUR BRI Plafon Rp 50 Juta

Tabel Kur Bri Plafon Rp 50 Juta

2. Tabel KUR BRI Super Mikro

Tabel Kur Bri Super Mikro

3. Tabel KUR BRI 500 Juta

Tabel Kur Bri Plafon Rp 500 Juta

4. Tabel KUR BRI Plafon Rp 25 Juta

Tabel Kur Bri Plafon Rp 25 Juta 1

Kesimpulan

Menarik kesimpulan daripada pembahasan diatas mengenai tabel KUR BRI, bisa disimpulkan bahwasanya KUR BRI memiliki plafon pinjaman mulai dari Rp 10 juta sampai maksimal Rp 500 juta. Namun untuk KUR BRI yang umum diajukan biasanya KUR Super Mikro. Disamping tidak membutuhkan agunan, KUR Mikro juga bisa diajukan dengan proses cepat dan plafon maksimal hingga Rp 50 juta. Kalian juga tidak akan dikenai biaya apapun alias gratis.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai tabel KUR BRI terbaru dan terlengkap. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa paylaterin.com sampaikan, semoga bermanfaat dan tentunya menambah wawasan kalian semua.

Bagikan

Tinggalkan komentar