√ Syarat Shopee Paylater 2022: Ketentuan dan Konsukuensi Terupdate

Syarat Shopee Paylater – Dewasa ini metode pembiayaan semakin variatif berkat perkembangan teknologi. Salah satunya adalah sistem paylater yang sedang marak digunakan.

Banyaknya pengguna dari sistem tersebut membuat beberapa platform besar seperti Shopee turut mengadopsinya. Namun tetap ada syarat Shopee Paylater yang berlaku bagi pengguna.

Namun kalian tidak perlu khawatir karena persyaratan tersebut sangat mudah dipenuhi. Setelah memahami berbagai syarat Shopee Paylater tersebut, maka kalian dapat segera menggunakan layanannya.

Dalam upaya membantu pembaca dalam memahami segala syarat Shopee Paylater, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya. Jadi pastikan kalian simak pembahasan berikut hingga tuntas.

Sekilas Tentang Shopee Paylater

Pada dasarnya Shopee Paylater merupakan sebuah skema pembayaran cicilan atau angsuran tanpa menggunakan kartu kredit yang diberikan oleh pihak Shopee. Tentunya kalian dapat belanja berbagai kebutuhan dan membayarkannya dikemudian hari.

Citayam

Seperti metode cicilan pada umumnya, ketentuan tenor maupun limit masih berlaku pada Shopee Paylater. Jadi mau tidak mau, pengguna harus memperhatikan jatuh tempo serta konsekuensi keterlambatannya.

Ketentuan Penggunaan Shopee Paylater

Demi menjaga ekosistem pembiayaan yang sehat, maka Shopee Paylater memberikan ketentuan berlaku bagi para penggunanya. Agar hal tersebut tidak luput dari pengetahuan kalian, berikut beberapa ketentuan dalam penggunaan Shopee Paylater.

1. Limit Pembiayaan

Pengguna akan layanan Shopee Paylater bisa memanfaatkan limit yang ditawarkan. Mulai dari Rp. 500.000,00 hingga maksimal Rp. 15.000.000,00 tersedia dengan syarat berlaku.

2. Tenor Angsuran

Tenor atau waktu pembayaran angsuran juga tergolong panjang. Mulai dari 1, 2, 3, 6, dan 12 bulan semua bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

3. Tanggal Jatuh Tempo

Dalam setiap pembayaran angsuran, setidaknya terdapat tanggal jatuh tempo yang harus kalian ketahui. Jatuh tempo akan berlaku pada tanggal 1, 15, dan 25 tiap bulannya.

Agar lebih mudah dijelaskan, maka berikut simulasi dalam penerapan tanggal jatuh tempo Shopee Paylater:

  • Setiap jatuh tempo tanggal 25, maka pembayaran paling lambat dilakukan pada tanggal 5 bulan berikutnya.
  • Setiap jatuh tempo tanggal 1, maka pembayaran paling lambat dilakukan pada tanggal 11 pada bulan yang sama.
  • Setiap jatuh tempo tanggal 15, maka pembayaran paling lambat dilakukan pada tanggal 25 pada bulan yang sama.

Namun dari opsi tanggal jatuh tempo tersebut, pengguna bisa memilih salah satunya. Jadi silahkan pilih tanggal terdekat dengan waktu pencairan sumber penghasilan (terima gaji).

Pihak Shopee Paylater akan memberikan pemberitahuan jatuh tempo beserta rincian pembayaran 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo.

4. Suku Bunga Pembiayaan

Setiap pembayaran pembiayaan, terdapat suku bunga berlaku sebesar 2,95% dari total pembayaran tiap bulan.

6. Sanksi Keterlambatan Pembayaran

Adapun sanksi bagi beberapa debitur yang terlambat dalam melakukan pelunasan. Sanksi tersebut berupa denda sebesar 5% dari seluruh tagihan yang pembayarannya sudah melewati jatuh tempo.

Setelah memahami beberapa ketentuan di atas, maka sudah saatnya kalian melengkapi syarat yang berlaku.

Syarat Shopee Paylater

Syarat dalam pendaftaran atau pengajuan skema pembiayaan ini umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu syarat umum dan syarat dokumen. Berikut rincian syarat dalam pengajuan Shopee Paylater.

1. Syarat Umum Shopee Paylater

  • Pengguna sudah memiliki akun Shopee terverifikasi dengan masa aktif setidaknya 3 bulan.
  • Melakukan transaksi menggunakan Shopee dengan intensitas tinggi.
  • Memiliki Aplikasi Shopee versi update terbaru.
  • Layanan Shopee Paylater dapat digunakan saat sudah menerima notifikasi undangan.

2. Syarat Dokumen Shopee Paylater

  • Pengguna merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 17 tahun.
  • Memiliki KTP aktif dan masih berlaku.

Setelah beberapa syarat di atas terpenuhi, maka besar kemungkinan proses pengajuan akan diterima oleh pihak pengembang platform.

Konsekuensi Keterlambatan Shopee Paylater

Agar kalian lebih meningkatkan kewaspadaan saat menggunakan layanan ini, maka perlu diketahui akibat dari keterlambatan pembayaran. Berikut beberapa konsekuensi yang harus ditanggung dalam keterlambatan pembayaran.

1. Pengurangan Limit Pembiayaan

Keterlambatan pembayaran akan berimbas pada pengurangan limit pinjaman dalam penggunaan Shopee Paylater. Tentunya hal ini akan membatasi pemenuhan kebutuhan.

Adanya keterlambatan pembayaran tagihan akan terekam secara otomatis melalui riwayat pembiayaan. Jadi usahakan agar pembayaran tersebut dilakukan tepat waktu.

2. Pembatasan Penggunaan Voucher

Konsekuensi keterlambatan selanjutnya adalah pembatasan dalam penggunaan voucher. Tentunya hal tersebut menjadi sebuah kerugian mengingat voucher merupakan benefit dari penggunaan Shopee.

Seperti kita ketahui bersama, Shopee merupakan salah satu platform marketplace online yang rutin memberikan voucher. Adanya voucher tersebut meringankan pengguna dalam melakukan transaksi.

3. Pengurangan Skor Kredit

Shopee Paylater terintegrasi dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dalam praktik pembiayaannya. Secara otomatis, data debitur akan masuk ke dalam SLIK.

Sekedar informasi, SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK merupakan data real time yang mencakup aktivitas pengkreditan dari seluruh debitur. Fungsinya tentu sebagai acuan dalam pengawasan kredit macet.

Apabila keterlambatan pembayaran semakin dibiarkan berlarut-larut, maka semakin berkurang kredit skor yang dimiliki. Kemungkinan terburuknya adalah debitur akan langsung ditagih oleh penagih lapangan.

Customer Service Resmi Shopee Paylater

Segala syarat serta ketentuan dalam penggunaan layanan tersebut masih dapat berubah sewaktu-waktu. Guna memastikan tentang hal tersebut, maka silahkan langsung hubungi Customer Service.

Berikut beberapa layanan Call Center Shopee Paylater yang bisa dimanfaatkan:

Kesimpulan

Setelah mengetahui tentang syarat Shopee Paylater di atas, tentunya kalian sudah lebih memahami bagaimana menggunakan layanan tersebut secara bijak.

Itulah serangkain pembahasan yang bisa paylaterin.com berikan untuk kalian. Semoga bisa memberikan tambahan wawasan dan manfaat.

Bagikan

Tinggalkan komentar