Penyebab Mesin EDC BCA Error & Cara Mengatasinya!

Mesin EDC BCA ErrorElectronic Data Capture atau yang mungkin lebih banyak dikenal dengan nama EDC merupakan salah satu alat penerima pembayaran non-tunai dengan menggunakan kartu kredit / kartu debit.

Umumnya alat ini terdapat di pusat-pusat pertokoan seperti mall, minimarket, supermarket cafe sampai restoran. Dalam penggunaannya, mesin EDC ini sebagai perantara penghubung antar rekening bank yang sifatnya online.

Sebagai salah satu perusahaan perbankan yang cukup besar, PT Bank Central Asia / BCA juga secara resmi telah merilis mesin EDC BCA yang bisa digunakan untuk melancarkan usaha. Namun sayangnya tidak sedikit pengguna yang kerap mengalami error saat transaksi.

Bahkan masalah / error yang dihadapi para pengguna mesin EDC BCA sendiri ada cukup beragam jenisnya. Lantas apa saja jenis-jenis error mesin EDC BCA, penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?.

Jenis-Jenis Error Pada Mesin EDC BCA

Sebagai salah satu lembaga perbankan yang cukup besar, Bank BCA memang selalu menjadi salah satu bank yang cukup ikut serta dalam meramaikan pemakaian sistem pembayaran baru, termasuk salah satunya dengan menggunakan mesin EDC.

Citayam

Tidak heran apabila saat ini beberapa perusahaan besar pun menyediakan alat penerima pembayaran tersebut. Hanya saja, seperti kami katakan di atas, penggunaan mesin EDC terkadang mengalami masalah / error yang menyebabkan transaksi tertunda.

Oleh karena itu, sebagai pengguna / pemilik mesin EDC BCA. Jelas kita juga harus paham dengan apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Namun sebelum kita masuk ke pembahasan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa jenis error pada mesin EDC BCA yang mungkin pernah / bahkan sedang kalian alami saat ini.

  • Mesin EDC BCA tidak ada sinyal
  • Mesin EDC BCA tidak mau menyala
  • Mesin EDC BCA tidak keluar struk
  • Mesin EDC BCA tidak bisa transaksi
  • Mesin EDC BCA Tidak bisa settlement
  • Mesin EDC BCA Attaching GPRS
  • Mesin EDC BCA Alert Irruption
  • dll

Nah mungkin masih ada banyak jenis error yang bisa saja terjadi pada mesin EDC BCA. Namun dari penelusuran kami, di atas adalah beberapa jenis masalah / error yang paling sering dialami para pengguna mesin EDC BCA.

Penyebab & Cara Mengatasi Mesin EDC BCA Error

Penyebab Cara Mengatasi Mesin Edc Bca Error

Lantas apa saja sih sebenarnya penyebab dan bagaimana cara mengatasi mesin EDC BCA error seperti di atas? Nah terkait masalah tersebut, setelah sebelumnya kami membahas tentang Response Code Q6 EDC BRI.

Sesuai dengan judul artikel di atas, berikut ini sudah kami rangkum penyebab & cara mengatasinya. Jadi buat yang penasaran dan ingin tahu, silahkan simak penjelasan lengkap kami di bawah ini.

1. Mesin EDC BCA Tidak Ada Sinyal

Buat yang belum tahu, mesin EDC memiliki sebuah sim card yang terpasang dibagian belakang. Fungsi dari sim card tersebut untuk menerima sinyal internet karena memang sistem kerja dari mesin ini hanya dapat digunakan ketika terhubung ke jaringan internet.

Jadi ketika mesin tidak ada sinyal sudah otomatis semua jenis transaksi tidak akan dapat dilakukan dengan sempurna. Adapun penyebabnya bisa terjadi karena cuaca, kondisi jaringan, listrik, atau slot sim card yang rusak.

Untuk mengatasinya kalian dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Refresh jaringan mesin EDC BCA dengan cara tekan F+9+6 secara bersamaan, passwordnya 3636.
  • Restart mesin EDC BCA, caranya tekan bersamaan tombol titik (.) dan tombol warna kuning secara bersamaan.
  • Bersihkan kuningan SIM Card.
  • Pasang ulang sambungan GPRS pada mesin EDC.

2. Mesin EDC BCA Tidak Mau Menyala

Tidak hanya ada sim card di bagian belakang mesin EDC BCA. Bagi yang belum tahu, di bagian ini juga terdapat baterai yang bisa dilepas pasang. Jadi ketika mengalami error mesin EDC BCA yang tidak mau menyala, mungkin hal ini karena baterai tersebut.

Bisa jadi pemasangan baterai tidak tepat / baterai sudah bocor. Maka cara paling tepat untuk mengatasi masalah ini yakni dengan mencoba memperbaiki posisi pemasangan baterai, kemudian charger dengan cas bawaan. Dan lapor ke pihak bank BCA.

3. Mesin EDC BCA Tidak Keluar Struk

Tidak keluarnya struk dari mesin EDC BCA juga biasanya menjadi salah satu masalah yang cukup sering dialami para pengguna. Error ini biasanya terjadi karena paper roll habis atau juga karena jaringan yang tidak bagus saat proses cetak struk.

Jika mengalami error ini, pastikan kalian periksa bagian paper roll, bila habis segera ganti dan apabila ternyata bukan karena hal tersebut, maka bisa jadi karena jaringan kualitas jaringan yang tidak bagus, silahkan lakukan langkah pertama untuk mengatasinya.

4. Mesin EDC BCA Tidak Bisa Transaksi

Kemudian error / masalah lain yang juga bisa saja terjadi pada mesin EDC BCA yakni tidak bisa transaksi. Masalah ini mungkin paling sering dialami karena bisa terjadi karena banyak sekali penyebabnya.

Salah satunya mesin tidak ada sinyal, karena sudah termakan usia, tidak menyala, jaringan yang tidak bagus atau baterai habis. Maka salah satu cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini yakni dengan melakukan restart mesin EDC BCA kemudian periksa baterai.

5. Mesin EDC BCA Tidak Bisa Settlement

Bagi pengguna EDC BCA Settlement merupakan proses yang cukup penting untuk membuat laporan keuangan bisa berjalan lancar. Namun kendala tidak bisa settlement pada mesin EDC BCA juga seringkali terjadi.

Hal ini jelas akan menghambat pembuatan laporan keuangan. Penyebab utama mesin EDC Error tidak bisa settlement biasanya karena sinyal kurang bagus. Salah satu cara tepat untuk mengatasi masalah ini yakni dengan restart mesin EDC tersebut.

6. Mesin EDC BCA Alert Irruption

Masalah mesin EDC BCA Alert Irruption memang tidak sering terjadi pada pengguna alat penerima pembayaran ini. Namun bagi yang sedang mengalami masalah ini penyebab utama biasanya karena pemakaian sudah melampaui batas yang telah ditentukan.

Melakukan double charging atau juga bisa terjadi karena mesin EDC terlalu panas (Overheat). Nah jika hal ini kalian alami maka salah satu hal mudah untuk mengatasi masalah ini yakni dengan:

  • Melepas bagian baterai dan memasangnya kembali setelah 30 menitan.
  • Melepas sim card yang terpasang pada Mesin EDC.
  • Mematikan mesin EDC BCA untuk mengurangi panas yang berlebih.
  • Hubungi Call Center BCA untuk meminta bantuan.

Kesimpulan

Nah itulah kiranya beberapa kendala yang mungkin sering di alami para pengguna Mesin EDC BCA. Yang jelas dari beberapa kasus mesin EDC BCA Error seperti di atas kami sampaikan. Jelas hal ini perlu sekali untuk para pengguna ketahui.

Sebab ketika salah satu dari error mesin EDC BCA di atas kalian alami. Setidaknya kalian tahu apa penyebab dan cara mengatasi mesin EDC BCA Error seperti apa yang kalian alami. Sekian semoga penjelasan paylaterin.com di atas bermanfaat.

Sumber Gambar: bca.co.id, paylaterin.com

Bagikan

Tinggalkan komentar