Bagaimana Jika Tidak Membayar Easy Cash? Resiko & Penjelasan

Bagaimana Jika Tidak Membayar Easy Cash – Keberadaan aplikasi pinjaman online (Pinjol) di era modern seperti sekarang ini memang begitu menarik perhatian. Pasalnya untuk mendapatkan pinjaman dana tunai di aplikasi pinjol, setidaknya bisa dibilang cukup mudah.

Hanya bermodal KTP dan foto diri kita sudah bisa mendapatkan pinjaman cepat cair tanpa harus mengeluarkan agunan / jaminan. Bahkan dengan pertumbuhan pinjol yang begitu tinggi, sampai sekarang sudah ada cukup banyak aplikasi bisa digunakan, salah satunya Easy Cash.

Namun meskipun Easy Cash memberikan kemudahan dalam hal pengajuan pinjaman online. Namun terdapat syarat & ketentuan yang wajib dipahami setiap pengguna. Salah satunya terkait waktu pembayaran angsuran yang harus dibayar tepat waktu sesuai tanggal jatuh tempo.

Meski sudah tertulis dengan jelas dan pasti, namun banyak pengguna yang melontarkan pertanyaan bagaimana jika tidak membayar Easy Cash?. Yang jelas ada resiko apabila kalian tidak membayar angsuran tepat waktu atau bahkan galbay beberapa bulan. Dan berikut beberapa resiko yang bisa kalian dapatkan.

Bagaimana Jika Tidak Membayar Easy Cash

Tidak membayar angsuran tepat waktu atau bahkan gagal bayar tagihan Easy Cash bisa dibilang menjadi hal yang cukup disayangkan. Karena resiko yang besar menanti di depan mata, dan berikut adalah beberapa konsekuensi bagaimana jika tidak membayar Easy Cash.

1. Masuk ke Catatan Collection Gagal Bayar Pinjol

Salah satu resiko yang pasti akan kalian temui ketika tidak membayar angsuran Easy Cash sesuai dengan tanggal jatuh tempo yakni masuk dalam catatan Collection Gagal Bayar Pinjol.

Jika sudah masuk dalam catatan tersebut, otomatis pihak Easy Cash akan mulai melakukan penagihan kepada kita sebagai pengguna. Dan dalam proses penagihan pun terdapat dua kategori yakni:

  • Desk Collection
    Merupakan proses penagihan menggunakan sarana komunikasi baik itu SMS, WhatsApp, Email atau lain sebagainya.
  • Field Collection Kunjungan
    Merupakan proses penagihan yang dilakukan secara langsung dengan mengunjungi alamat rumah / kantor.

2. Mendapatkan Info Cara Pembayaran

Bagaimana jika tidak membayar Easy Cash? nah selain masuk dalam catatan Collection Gagal Bayar Pinjol. Setidaknya apabila tidak melakukan pembayaran angsuran sesuai tanggal jatuh tempo yang telah datang.

Maka kalian pun akan mendapatkan info pembayaran dan info cara melakukan pembayaran yang dikirim melalui SMS maupun WhatsApp di nomor yang terdaftar.

3. Mendapatkan Telepon Penagihan Angsuran

Tak saja hanya mendapatkan pemberitahuan dalam bentuk pesan singkat yang dikirim melalui WhatsApp ataupun SMS. Jika diketahui kalian gagal bayar angsuran Easy Cash, maka sebagai perusahaan besar.

Pihak Easy Cash juga akan melakukan penagihan melalui layanan telepon ke nomor yang terdaftar di akun Easy Cash. Namun umumnya penagihan melalui telepon merupakan sistem robotik yang hanya akan memberitahu kalian untuk segera membayar tagihan.

4. Dilaporkan ke SID OJK / BI Checking

Salah satu resiko paling parah yakni pihak Easy Cash akan melaporkan seluruh data akun kalian ke pihak SID OJK yang berimbas ke catatan kredit di BI Checking. Dan jika sudah seperti ini.

Maka catatan kredit pun akan mendapatkan kualitas buruk. Yang akhirnya akan menjadikan proses pengajuan pinjaman di layanan lain seperti pinjol lain maupun pinjaman Bank akan dipersulit dan tidak akan disetujui pengajuannya.

5. Penagihan Dengan Kunjungan Rumah

Penagihan yang dilakukan melalui sarana telepon, SMS dan WhatsApp yang sudah dilakukan menjadi bukti keseriusan kalian dalam menanggapi pihak Easy Cash. Apabila selama beberapa waktu informasi tersebut tak kalian hiraukan dengan tidak membayar angsuran.

Maka penagihan juga akan langsung dilakukan oleh pihak Easy Cash dengan mendatangi rumah / alamat tertulis pada akun Easy Cash tersebut. Dimana dalam hal ini biasanya pihak Pinjol sudah diperbolehkan membawa pihak ke-3 untuk membantu penagihan.

6. Didatangi / Dicari Debt Collector

Dan hal yang paling ditakuti para pengguna pinjol adalah masalah didatanginya DC Easy Cash / Debt Collector sebagai pihak ke-3 yang membantu penagihan angsuran / tunggakan kalian jika terbukti tidak membayarnya sesuai tagihan / jatuh tempo.

Dan perlu di garisbawai, bahwa penagihan yang dilakukan oleh Debt Collector sendiri bisa langsung mendatangi rumah / mencari di berbagai tempat atau bahkan mendatangi tempat kerja / kantor dimana kalian berada.

7. Penagihan Ke Saudara, Teman / Keluarga

Tanpa pikir panjang, ketika kalian tercatat gagal bayar Easy Cash dan berangsur dalam beberapa bulan tidak kunjung kalian selesaikan. Maka selain akan di datangi DC Easy Cash ke rumah dan tempat kerja.

Penagihan juga akan dilakukan melalui keluarga terdekat yang tercantum pada data kontak darurat di dalam akun. Selain itu juga bisa dilakukan dengan menagih tunggakan tersebut melalui teman atau bahkan saudara.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya beberapa resiko bagaimana jika tidak membayar Easy Cash. Yang jelas dan pasti, dengan tidak membayarnya angsuran sesuai dengan tanggal jatuh tempo. Kalian akan mendapatkan catatan buruk di OJK / BI Checking.

Dengan begitu, parahnya ketika kalian melakukan pengajuan pinjaman / kredit di tempat lain akan membuat pengajuan tersebut sulit untuk diterima. Nah itulah kiranya penjelasan singkat dari paylaterin.com, semoga bisa membantu.

Bagikan

Tinggalkan komentar